HUMAN COMPUTER INTERACTION (HCI)

A12.2011.04517-ALAIK_TAUFIX -Dalam Jurnal Oky Dwi Nurhayati, ST, MT-KONSEP INTERAKSI MANUSIA dan KOMPUTER
Istilah lain: man-machine interaction (MMI), computer and human interaction (CHI), dan human-machine interaction (HMI).
Interaksi Manusia dan Komputer (IMK) atau Human Computer Interaction (HCI) adalah disiplin ilmu yang berhubungan dengan Perancangan, evaluasi, dan implementasi sistem komputer interaktif untuk digunakan oleh manusia, serta studi tentang fenomena-fenomena besar yang saling berhubungan.
Alasan Diperlukannya Interaksi Manusia dan Komputer

adalah untuk mempermudah manusia dalam mengoperasikan komputer dan mendapatkan berbagai umpan balik yang ia perlukan selama ia bekerja pada sebuah sistem komputer.
KETERKAITAN IMK DENGAN ILMU LAIN

1.Prinsip kerja sebuah sistem komputer adalah adanya masukan – proses – keluaran (input – process – output). 2. Ketika seseorang bekerja dengan sebuah komputer, ia akan melakukan interaksi atau berdialog dengan komputer menggunakan cara-cara tertentu.
DISIPLIN ILMU DALAM HCI
1.Ilmu komputer ( desain aplikasi & teknik human interface) 2. Psikologi ( aplikasi dan teori proses kognitif dan menganalisis perilaku user) 3. Sosiologi & antropologi ( interaksi antara teknologi, work,dan organisasi) 4. Industrial design (produk interaktif) 5. Teknik sipil ( infrastruktur fisik) 6. Teknik Mesin ( robotika)
Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments: